Show simple item record

dc.contributor.authorHaeruddin, Haeruddin
dc.date.accessioned2023-05-24T01:48:11Z
dc.date.available2023-05-24T01:48:11Z
dc.date.issued2020
dc.identifier.urihttp://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/53952
dc.description.abstractJenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita program linear. Kesalahan yang dilakukan siswa tersebut dibedakan berdasarkan jenis kelamin. Selain itu, penelitian ini juga mencari penyebab siswa melakukan kesalahan. Penelitian dilaksanakan di SMA Nabil Husein Samarinda tahun ajaran 2019/2020. Subjek penelitian ini adalah sebanyak 25 siswa kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2. Objek penelitian ini adalah kesalahan-kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal dan penyebab kesalahan tersebut terjadi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes tertulis, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) sebanyak 21% siswa laki-laki dan 10% siswa perempuan melakukan kesalahan menginterpretasikan makna redaksi soal (membaca). (2) Sebanyak 42% siswa laki-laki dan 23% siswa perempuan melakukan kesalahan memahami informasi yang diketahui dan ditanyakan dalam soal (memahami). (3) Sebanyak 26% siswa laki-laki dan 50% siswa perempuan melakukan kesalahan dalam mengubah soal cerita ke dalam model program linear (transformasi). (4) Sebanyak 11% siswa laki-laki dan 17% siswa perempuan melakukan kesalahan menyelesaikan model program linear (keterampilan proses). (5) Tidak ada siswa yang melakukan kesalahan penulisan kesimpulan. Penyebab kesalahan tersebut terjadi antara lain tidak teliti dalam berhitung, tidak menguasai materi prasyarat dan sumber belajar yang belum cukup.en_US
dc.publisherJurnal PRIMATIKAen_US
dc.subjectAnalisis Kesalahanen_US
dc.subjectSoal Cerita Program Linearen_US
dc.subjectJenis Kelaminen_US
dc.titleAnalisis Kesalahan Menyelesaikan Soal Cerita Program Linear Ditinjau Dari Perbedaan Jenis Kelaminen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record