Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal Cerita Program Linear Ditinjau Dari Perbedaan Jenis Kelamin
Abstract
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita program linear. Kesalahan
yang dilakukan siswa tersebut dibedakan berdasarkan jenis kelamin. Selain itu,
penelitian ini juga mencari penyebab siswa melakukan kesalahan. Penelitian
dilaksanakan di SMA Nabil Husein Samarinda tahun ajaran 2019/2020. Subjek
penelitian ini adalah sebanyak 25 siswa kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2. Objek
penelitian ini adalah kesalahan-kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal dan penyebab
kesalahan tersebut terjadi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes tertulis,
dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) sebanyak 21% siswa laki-laki
dan 10% siswa perempuan melakukan kesalahan menginterpretasikan makna redaksi
soal (membaca). (2) Sebanyak 42% siswa laki-laki dan 23% siswa perempuan
melakukan kesalahan memahami informasi yang diketahui dan ditanyakan dalam soal
(memahami). (3) Sebanyak 26% siswa laki-laki dan 50% siswa perempuan melakukan
kesalahan dalam mengubah soal cerita ke dalam model program linear (transformasi). (4)
Sebanyak 11% siswa laki-laki dan 17% siswa perempuan melakukan kesalahan
menyelesaikan model program linear (keterampilan proses). (5) Tidak ada siswa yang
melakukan kesalahan penulisan kesimpulan. Penyebab kesalahan tersebut terjadi antara
lain tidak teliti dalam berhitung, tidak menguasai materi prasyarat dan sumber belajar
yang belum cukup.