Show simple item record

dc.contributor.authorhartati, yuli
dc.date.accessioned2023-01-09T06:50:20Z
dc.date.available2023-01-09T06:50:20Z
dc.date.issued2022-11-03
dc.identifier.urihttp://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/44996
dc.description.abstractWhatsapp Group dan Google Classroom merupakan salah satu media pembelajaran daring yang sering digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan pada pembelajaran daring menggunakan aplikasi Whatsapp Group dan Goggle Classroom pada materi kimia unsur di kelas XII MIPA SMA Negeri 11 Samarinda. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain postest only non-equivalent group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII MIPA SMA Negeri 11 Samarinda. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar kimia siswa adalah soal tes pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar pada kelas yang menggunakan Whatsaap Group yaitu 70,83 lebih tinggi daripada kelas yang menggunakan Google Classroom yaitu 63,52. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada pembelajaran daring menggunakan aplikasi Whatsapp Group dan Google Classroom pada materi kimia unsur di kelas XII MIPA SMA Negeri 11 Samarindaen_US
dc.subjecthasil belajar; kimia unsur; media pembelajaran; pembelajaran daringen_US
dc.titlePerbedaan hasil belajar kimia siswa menggunakan aplikasi Whatsapp group dan Google classroom pada materi kimia unsuren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record