Perbedaan hasil belajar kimia siswa menggunakan aplikasi Whatsapp group dan Google classroom pada materi kimia unsur
Abstract
Whatsapp Group dan Google Classroom merupakan salah satu media pembelajaran daring yang sering
digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan
pada pembelajaran daring menggunakan aplikasi Whatsapp Group dan Goggle Classroom pada materi
kimia unsur di kelas XII MIPA SMA Negeri 11 Samarinda. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment
dengan desain postest only non-equivalent group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas XII MIPA SMA Negeri 11 Samarinda. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive
sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar kimia siswa adalah soal tes pilihan
ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar pada kelas yang menggunakan
Whatsaap Group yaitu 70,83 lebih tinggi daripada kelas yang menggunakan Google Classroom yaitu
63,52. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada pembelajaran daring
menggunakan aplikasi Whatsapp Group dan Google Classroom pada materi kimia unsur di kelas XII
MIPA SMA Negeri 11 Samarinda