Show simple item record

dc.contributor.authorKurniawan, Dydik
dc.date.accessioned2020-05-30T16:08:52Z
dc.date.available2020-05-30T16:08:52Z
dc.date.issued2017-04-02
dc.identifier.citationJurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI)en_US
dc.identifier.issn2477-3921
dc.identifier.urihttp://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/4471
dc.description.abstractTanggung jawab belajar menjadi salah satu masalah yang sering timbul pada mahasiswa dalam menyelesaikan pendidikan di perguruan tinggi sehingga diperlukan strategi dalam mengatasi masalah tanggung jawab belajar tersebut. Penelitian ini untuk mengetahui perbedaan tanggung jawab belajar mahasiswa sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management. Subjek penelitian adalah 9 orang mahasiswa program studi bimbingan dan konseling, FKIP Universitas Mulawarman tahun ajaran 2016/2017 yang memiliki tanggung jawab belajar rendah. Desain penelitian ini menggunakan rancangan pre experimental design dengan jenis one group pre-test and post-test design. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Tanggung jawab belajar mahasiswa sebelum diberikan bimbingan kelompok dengan teknik self management sebesar 31,7, 2) Tanggung jawab belajar mahasiswa setelah diberikan bimbingan kelompok dengan teknik self management sebesar 71,8%. Berdasar hasil sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management terjadi peningkatan dalam tanggung jawab belajar mahasiswa.en_US
dc.description.sponsorshipfkip universitas mulawarmanen_US
dc.publisherJurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI)en_US
dc.relation.ispartofseries2477-3921;
dc.subject: bimbingan kelompok, tanggung jawab belajar, teknik self managementen_US
dc.titleBIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB BELAJAR MAHASISWAen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record