BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB BELAJAR MAHASISWA
Abstract
Tanggung jawab belajar menjadi salah satu masalah yang sering timbul pada mahasiswa dalam
menyelesaikan pendidikan di perguruan tinggi sehingga diperlukan strategi dalam mengatasi
masalah tanggung jawab belajar tersebut. Penelitian ini untuk mengetahui perbedaan tanggung
jawab belajar mahasiswa sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan
teknik self management. Subjek penelitian adalah 9 orang mahasiswa program studi bimbingan dan
konseling, FKIP Universitas Mulawarman tahun ajaran 2016/2017 yang memiliki tanggung jawab
belajar rendah. Desain penelitian ini menggunakan rancangan pre experimental design dengan jenis
one group pre-test and post-test design. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Tanggung jawab belajar
mahasiswa sebelum diberikan bimbingan kelompok dengan teknik self management sebesar 31,7, 2)
Tanggung jawab belajar mahasiswa setelah diberikan bimbingan kelompok dengan teknik self
management sebesar 71,8%. Berdasar hasil sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan
kelompok dengan teknik self management terjadi peningkatan dalam tanggung jawab belajar
mahasiswa.