dc.description.abstract | iii
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang Model
Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam Sekolah Terpadu (Studi Multikasus
di SDIT Al-Auliya 2 Balikpapan dan SDIT Nurul ‘Ilmi Tenggarong) yang
meliputi: 1) Pengembangan kurikulum, (2) Implementasi pembelajaran terpadu
yang mengintegrasikan ilmu agama dan ilmu umum, dan (3) Potensi yang dimiliki
SDIT Al Auliya Balikpapan dan SD Nurul ‘Ilmi Tenggarong dalam
pengembangan kurikulum dan pembelajaran.
Penelitian ini menggunakan metode studi multi kasus dengan pendekatan
kualitatif. Pendekatan ini menghasilkan temuan yang diperoleh dari data-data yang
dikumpulkan melalui teknik observasi partisipasi, wawancara mendalam dan
studi dokumentasi. Instrumen dalam penelitian dalam ini adalah peneliti sendiri
sebagai key instrument, sedangkan yang menjadi informan atau sumber data
adalah Kepala Sekolah SDIT Al Auliya 2 Balikpapan dan Kepala Sekolah SDIT
Nurul ‘Ilmi Tenggarong.
Hasil penelitian menunjukan bahwa SDIT Nurul ‘Ilmi Tenggarong dan Al
Auliya 2 Balikpapan menggunakan (1) Kurikulum terpadu yang dilandasi oleh
nilai-nilai ajaran Islam, (2) Implementasi pembelajaran terpadu secara akademis
melalui internalisasi nilai-nilai ajaran Islam ke dalam mata pelajaran umum dan
non akademis, dilakukan dengan pemberian kegiatan pendukung yang bernuansa
agama dan sosial dan (3) Optimalisasi potensi yang dimilikinya adalah adanya
kekuatan internal yang baik dalam melakukan pengembangan sebuah sekolah dan,
kekuatan eksternal dilakukan dengan melalui interaksi dengan orang tua dan
adanya kemitraan dengan lembaga /badan terkait.
Berdasarkan hasil penelitian analisis data tersebut di atas, maka dapat
disimpulkan bahwa, Model kurikulum yang digunakan di SDIT Nurul ‘Ilmi
Tenggarong dan SDIT Al Auliya 2 Balikpapan adalah kurikulum terpadu
(integrated curriculum) yang dilakukan dengan cara mensinergikan antara
kurikulum Pendidikan Nasional (Diknas), kurikulum Agama (Al-Islam) dan
muatan lokal (Mulok). | en_US |