Show simple item record

dc.contributor.authorAkhmad, Ahmad
dc.date.accessioned2023-01-07T22:23:52Z
dc.date.available2023-01-07T22:23:52Z
dc.date.issued2017
dc.identifier.urihttp://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/43582
dc.description.abstractiii ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang Model Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam Sekolah Terpadu (Studi Multikasus di SDIT Al-Auliya 2 Balikpapan dan SDIT Nurul ‘Ilmi Tenggarong) yang meliputi: 1) Pengembangan kurikulum, (2) Implementasi pembelajaran terpadu yang mengintegrasikan ilmu agama dan ilmu umum, dan (3) Potensi yang dimiliki SDIT Al Auliya Balikpapan dan SD Nurul ‘Ilmi Tenggarong dalam pengembangan kurikulum dan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode studi multi kasus dengan pendekatan kualitatif. Pendekatan ini menghasilkan temuan yang diperoleh dari data-data yang dikumpulkan melalui teknik observasi partisipasi, wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Instrumen dalam penelitian dalam ini adalah peneliti sendiri sebagai key instrument, sedangkan yang menjadi informan atau sumber data adalah Kepala Sekolah SDIT Al Auliya 2 Balikpapan dan Kepala Sekolah SDIT Nurul ‘Ilmi Tenggarong. Hasil penelitian menunjukan bahwa SDIT Nurul ‘Ilmi Tenggarong dan Al Auliya 2 Balikpapan menggunakan (1) Kurikulum terpadu yang dilandasi oleh nilai-nilai ajaran Islam, (2) Implementasi pembelajaran terpadu secara akademis melalui internalisasi nilai-nilai ajaran Islam ke dalam mata pelajaran umum dan non akademis, dilakukan dengan pemberian kegiatan pendukung yang bernuansa agama dan sosial dan (3) Optimalisasi potensi yang dimilikinya adalah adanya kekuatan internal yang baik dalam melakukan pengembangan sebuah sekolah dan, kekuatan eksternal dilakukan dengan melalui interaksi dengan orang tua dan adanya kemitraan dengan lembaga /badan terkait. Berdasarkan hasil penelitian analisis data tersebut di atas, maka dapat disimpulkan bahwa, Model kurikulum yang digunakan di SDIT Nurul ‘Ilmi Tenggarong dan SDIT Al Auliya 2 Balikpapan adalah kurikulum terpadu (integrated curriculum) yang dilakukan dengan cara mensinergikan antara kurikulum Pendidikan Nasional (Diknas), kurikulum Agama (Al-Islam) dan muatan lokal (Mulok).en_US
dc.subjectKurikulum terpaduen_US
dc.subjectPembelajaran Terpaduen_US
dc.subjectOptimalisasi Potensi Internal dan ekstrernalen_US
dc.titleModel Pengembangan Kurikulum Pendidikan Pada Sekolah Islam Terpadu (Studi Multikasus di SDIT Al-Auliya 2 Balikpapan dan SDIT Nurul Ilmi Tenggarong)en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record