View Item 
  •   Unmul Repository Home
  • Articles
  • A - Teacher Training and Education
  • View Item
  •   Unmul Repository Home
  • Articles
  • A - Teacher Training and Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Model Pengembangan Kurikulum Pendidikan Pada Sekolah Islam Terpadu (Studi Multikasus di SDIT Al-Auliya 2 Balikpapan dan SDIT Nurul Ilmi Tenggarong)

Thumbnail
View/Open
(1) LAPORAN PENELITIAN 2017 (1).pdf (1.053Mb)
Date
2017
Author
Akhmad, Ahmad
Metadata
Show full item record
Abstract
iii ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang Model Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam Sekolah Terpadu (Studi Multikasus di SDIT Al-Auliya 2 Balikpapan dan SDIT Nurul ‘Ilmi Tenggarong) yang meliputi: 1) Pengembangan kurikulum, (2) Implementasi pembelajaran terpadu yang mengintegrasikan ilmu agama dan ilmu umum, dan (3) Potensi yang dimiliki SDIT Al Auliya Balikpapan dan SD Nurul ‘Ilmi Tenggarong dalam pengembangan kurikulum dan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode studi multi kasus dengan pendekatan kualitatif. Pendekatan ini menghasilkan temuan yang diperoleh dari data-data yang dikumpulkan melalui teknik observasi partisipasi, wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Instrumen dalam penelitian dalam ini adalah peneliti sendiri sebagai key instrument, sedangkan yang menjadi informan atau sumber data adalah Kepala Sekolah SDIT Al Auliya 2 Balikpapan dan Kepala Sekolah SDIT Nurul ‘Ilmi Tenggarong. Hasil penelitian menunjukan bahwa SDIT Nurul ‘Ilmi Tenggarong dan Al Auliya 2 Balikpapan menggunakan (1) Kurikulum terpadu yang dilandasi oleh nilai-nilai ajaran Islam, (2) Implementasi pembelajaran terpadu secara akademis melalui internalisasi nilai-nilai ajaran Islam ke dalam mata pelajaran umum dan non akademis, dilakukan dengan pemberian kegiatan pendukung yang bernuansa agama dan sosial dan (3) Optimalisasi potensi yang dimilikinya adalah adanya kekuatan internal yang baik dalam melakukan pengembangan sebuah sekolah dan, kekuatan eksternal dilakukan dengan melalui interaksi dengan orang tua dan adanya kemitraan dengan lembaga /badan terkait. Berdasarkan hasil penelitian analisis data tersebut di atas, maka dapat disimpulkan bahwa, Model kurikulum yang digunakan di SDIT Nurul ‘Ilmi Tenggarong dan SDIT Al Auliya 2 Balikpapan adalah kurikulum terpadu (integrated curriculum) yang dilakukan dengan cara mensinergikan antara kurikulum Pendidikan Nasional (Diknas), kurikulum Agama (Al-Islam) dan muatan lokal (Mulok).
URI
http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/43582
Collections
  • A - Teacher Training and Education [735]

Repository Universitas Mulawarman copyright ©   LP3M Universitas Mulawarman
Jalan Kuaro Kotak Pos 1068
Telp. (0541) 741118
Fax. (0541) 747479 - 732870
Samarinda 75119, Kalimantan Timur, Indonesia
Contact Us | Send Feedback
 

 

Browse

All of Unmul RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

Repository Universitas Mulawarman copyright ©   LP3M Universitas Mulawarman
Jalan Kuaro Kotak Pos 1068
Telp. (0541) 741118
Fax. (0541) 747479 - 732870
Samarinda 75119, Kalimantan Timur, Indonesia
Contact Us | Send Feedback