Show simple item record

dc.contributor.authorWahyudi, Ratri D. T.
dc.contributor.authorSugeng, Sugeng
dc.date.accessioned2022-10-10T14:17:29Z
dc.date.available2022-10-10T14:17:29Z
dc.date.issued2017-06
dc.identifier.citationRatri Dwi Tianti Wahyudi & Sugeng. (2017). PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE TAKE AND GIVE DAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING SISWA KELAS VII SMP NEGERI DI KECAMATAN SUNGAI KUNJANG SAMARINDA. Primatika: Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 6, Nomor 1, Juni 2017, hal. 1 - 12, p-ISSN : 2302-4518en_US
dc.identifier.issnp-ISSN : 2302-4518
dc.identifier.urihttp://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/42080
dc.description.abstractPenelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang diberi pembelajaran melalui model kooperatif tipe Take and Give, model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), dan pembelajaran langsung pada materi Pecahan siswa kelas VII SMPN di Kecamatan Sungai Kunjang tahun ajaran 2014/2015. Penelitian dilaksanakan di SMPN 16 dan SMPN 38 Samarinda semester I tahun ajaran 2014/2015. Teknik pengambilan sampel penelitian ini adalah purposive cluster sampling dipilih 3 kelas berdasarkan nilai tes awal matematika yaitu kelas VIIE SMPN 16 dengan model pembelajaran PBL, kelas VIIH SMPN 16 dengan model pembelajaran kooperatif tipe Take and Give, dan kelas VIIC SMPN 38 dengan pembelajaran langsung sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar matematika berbentuk essai.Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistika inferensial dengan Anova satu arah dengan bantuan program SPSS 21.0, dilanjutkan Tukey HSD. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pada =0,05 diperoleh nilai statistik F=65,877 dengan p=0,000 maka p< sehingga terdapat perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang diberi pembelajaran melalui model kooperatif tipe Take and Give, model pembelajaran PBL, dan pembelajaran langsung. Analisis lanjutan dengan uji Tukey HSD terlihat bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dari ketiga model pembelajaran, yaitu diperoleh nilai p< atau 0,003<0,05 sehingga mean dari kelas model Take and Give berbeda sangat nyata dengan model PBL. Dengan nilai p< atau 0,000<0,05 diperoleh mean dari kelas model Take and Give berbeda sangat nyata dengan model langsung. Demikian juga nilai p< atau 0,000<0,05 diperoleh mean dari kelas model PBL berbeda sangat nyata dengan model langsung.en_US
dc.publisherFKIP Universitas Mulawarman.en_US
dc.relation.ispartofseriesPRIMATIKA, Jurnal Pendidikan Matematika;Volume 6, Nomor 1, Juni 2017, hal. 1-12,
dc.subjectHasil belajar matematika, model Take and Give, model Problem Based Learning, Pembelajaran langsungen_US
dc.titlePERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE TAKE AND GIVE DAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING SISWA KELAS VII SMP NEGERI DI KECAMATAN SUNGAI KUNJANG SAMARINDAen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record