View Item 
  •   Unmul Repository Home
  • Articles
  • A - Teacher Training and Education
  • View Item
  •   Unmul Repository Home
  • Articles
  • A - Teacher Training and Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE TAKE AND GIVE DAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING SISWA KELAS VII SMP NEGERI DI KECAMATAN SUNGAI KUNJANG SAMARINDA

Thumbnail
View/Open
PERBEDAAN HASIL BELAJAR (1.340Mb)
Date
2017-06
Author
Wahyudi, Ratri D. T.
Sugeng, Sugeng
Metadata
Show full item record
Abstract
Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang diberi pembelajaran melalui model kooperatif tipe Take and Give, model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), dan pembelajaran langsung pada materi Pecahan siswa kelas VII SMPN di Kecamatan Sungai Kunjang tahun ajaran 2014/2015. Penelitian dilaksanakan di SMPN 16 dan SMPN 38 Samarinda semester I tahun ajaran 2014/2015. Teknik pengambilan sampel penelitian ini adalah purposive cluster sampling dipilih 3 kelas berdasarkan nilai tes awal matematika yaitu kelas VIIE SMPN 16 dengan model pembelajaran PBL, kelas VIIH SMPN 16 dengan model pembelajaran kooperatif tipe Take and Give, dan kelas VIIC SMPN 38 dengan pembelajaran langsung sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar matematika berbentuk essai.Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistika inferensial dengan Anova satu arah dengan bantuan program SPSS 21.0, dilanjutkan Tukey HSD. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pada =0,05 diperoleh nilai statistik F=65,877 dengan p=0,000 maka p< sehingga terdapat perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang diberi pembelajaran melalui model kooperatif tipe Take and Give, model pembelajaran PBL, dan pembelajaran langsung. Analisis lanjutan dengan uji Tukey HSD terlihat bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dari ketiga model pembelajaran, yaitu diperoleh nilai p< atau 0,003<0,05 sehingga mean dari kelas model Take and Give berbeda sangat nyata dengan model PBL. Dengan nilai p< atau 0,000<0,05 diperoleh mean dari kelas model Take and Give berbeda sangat nyata dengan model langsung. Demikian juga nilai p< atau 0,000<0,05 diperoleh mean dari kelas model PBL berbeda sangat nyata dengan model langsung.
URI
http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/42080
Collections
  • A - Teacher Training and Education [735]

Repository Universitas Mulawarman copyright ©   LP3M Universitas Mulawarman
Jalan Kuaro Kotak Pos 1068
Telp. (0541) 741118
Fax. (0541) 747479 - 732870
Samarinda 75119, Kalimantan Timur, Indonesia
Contact Us | Send Feedback
 

 

Browse

All of Unmul RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

Repository Universitas Mulawarman copyright ©   LP3M Universitas Mulawarman
Jalan Kuaro Kotak Pos 1068
Telp. (0541) 741118
Fax. (0541) 747479 - 732870
Samarinda 75119, Kalimantan Timur, Indonesia
Contact Us | Send Feedback