Show simple item record

dc.contributor.authorHani, Tsania L.
dc.contributor.authorSugeng, Sugeng
dc.date.accessioned2022-10-10T14:05:58Z
dc.date.available2022-10-10T14:05:58Z
dc.date.issued2015-12
dc.identifier.citationTsania Lathifa Hani & Sugeng. (2015). Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Kreativitas terhadap Hasil Belajar Matematika Melalui Gaya Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri se Kecamatan Sungai Kunjang. Primatika: Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 2, Nomor 2, Desember 2015, hal. 135-150, p-ISSN : 2302-4518;en_US
dc.identifier.issnp-ISSN : 2302-4518;
dc.identifier.issnp-ISSN : 2302-4518
dc.identifier.urihttp://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/42079
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Lingkungan Keluarga dan Kreativitas terhadap Hasil Belajar Matematika melalui Gaya Belajar siswa kelas VII SMP Negeri se Kecamatan Sungai Kunjang Tahun Ajaran 2014/2015. Dalam penelitian ex post facto.ini terdapat tiga variabel bebas, yaitu Lingkungan Keluarga (X1), Kreativitas (X2) dan Gaya Belajar (X3) serta satu variabel terikat Hasil Belajar Matematika (Y) yang memuat 3 aspek yaitu hasil belajar aspek pengetahuan (Y1), keterampilan (Y2) dan sikap (Y3). Teknik pengambilan sampel adalah Proportional Cluster Random Sampling dan diperoleh sampel 10 kelas, yaitu 358 siswa berasal dari sekolah yang berbeda. Analisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan Analisis Jalur dengan taraf signifikansi (α) sebesar 5%. Tahap pertama menguji pengaruh X1 dan X2 atas X3 diperoleh sub-struktur 1 yaitu dengan koefisien determinasi 0,164 (16,4%). Tahap kedua menguji pengaruh X1, X2 dan X3 atas Y1 diperoleh sub-struktur 2 yaitu dengan koefisien determinasi 0,440 (44%) dan nilai probabilitas secara simultan 0,000 pada α=0,05 sehingga Sig.<α. Pengujian tahap kedua untuk Y2 (keterampilan) diperoleh persamaan sub-struktur 2 yaitu dengan koefisien determinasi 0,196 (19,6%); nilai probabilitas secara simultan 0,000 pada α=0,05 sehingga Sig.<α. Pengujian tahap kedua untuk Y3 diperoleh persamaan sub-struktur 2 : dengan koefisien determinasi 0,367 (36,7%), serta nilai probabilitas secara simultan 0,000 pada α=0,05 sehingga Sig <α. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pada tahap pertama, terdapat pengaruh Lingkungan Keluarga dan Kreativitas terhadap Gaya Belajar. Hasil tahap kedua juga menunjukkan adanya pengaruh Lingkungan Keluarga dan Kreativitas terhadap Hasil Belajar Matematika (untuk aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap) melalui Gaya Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri se Kecamatan Sungai Kunjang Tahun 2014/2015.en_US
dc.publisherFKIP Universitas Mulawarman.en_US
dc.relation.ispartofseriesPRIMATIKA, Jurnal Pendidikan Matematika;Volume 2, Nomor 2, Desember 2015, hal. 135-150,
dc.relation.ispartofseriesPRIMATIKA, Jurnal Pendidikan Matematika;Volume 2, Nomor 2, Desember 2015, hal. 135-150
dc.subjectLingkungan Keluarga, Gaya belajar, Hasil belajar, Kreativitas, Analisis jaluren_US
dc.titlePengaruh Lingkungan Keluarga dan Kreativitas terhadap Hasil Belajar Matematika Melalui Gaya Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri se Kecamatan Sungai Kunjang.en_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record