View Item 
  •   Unmul Repository Home
  • Articles
  • A - Teacher Training and Education
  • View Item
  •   Unmul Repository Home
  • Articles
  • A - Teacher Training and Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Kreativitas terhadap Hasil Belajar Matematika Melalui Gaya Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri se Kecamatan Sungai Kunjang.

Thumbnail
View/Open
Lingkungan keluarga. (1.458Mb)
Date
2015-12
Author
Hani, Tsania L.
Sugeng, Sugeng
Metadata
Show full item record
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Lingkungan Keluarga dan Kreativitas terhadap Hasil Belajar Matematika melalui Gaya Belajar siswa kelas VII SMP Negeri se Kecamatan Sungai Kunjang Tahun Ajaran 2014/2015. Dalam penelitian ex post facto.ini terdapat tiga variabel bebas, yaitu Lingkungan Keluarga (X1), Kreativitas (X2) dan Gaya Belajar (X3) serta satu variabel terikat Hasil Belajar Matematika (Y) yang memuat 3 aspek yaitu hasil belajar aspek pengetahuan (Y1), keterampilan (Y2) dan sikap (Y3). Teknik pengambilan sampel adalah Proportional Cluster Random Sampling dan diperoleh sampel 10 kelas, yaitu 358 siswa berasal dari sekolah yang berbeda. Analisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan Analisis Jalur dengan taraf signifikansi (α) sebesar 5%. Tahap pertama menguji pengaruh X1 dan X2 atas X3 diperoleh sub-struktur 1 yaitu dengan koefisien determinasi 0,164 (16,4%). Tahap kedua menguji pengaruh X1, X2 dan X3 atas Y1 diperoleh sub-struktur 2 yaitu dengan koefisien determinasi 0,440 (44%) dan nilai probabilitas secara simultan 0,000 pada α=0,05 sehingga Sig.<α. Pengujian tahap kedua untuk Y2 (keterampilan) diperoleh persamaan sub-struktur 2 yaitu dengan koefisien determinasi 0,196 (19,6%); nilai probabilitas secara simultan 0,000 pada α=0,05 sehingga Sig.<α. Pengujian tahap kedua untuk Y3 diperoleh persamaan sub-struktur 2 : dengan koefisien determinasi 0,367 (36,7%), serta nilai probabilitas secara simultan 0,000 pada α=0,05 sehingga Sig <α. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pada tahap pertama, terdapat pengaruh Lingkungan Keluarga dan Kreativitas terhadap Gaya Belajar. Hasil tahap kedua juga menunjukkan adanya pengaruh Lingkungan Keluarga dan Kreativitas terhadap Hasil Belajar Matematika (untuk aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap) melalui Gaya Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri se Kecamatan Sungai Kunjang Tahun 2014/2015.
URI
http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/42079
Collections
  • A - Teacher Training and Education [740]

Repository Universitas Mulawarman copyright ©   LP3M Universitas Mulawarman
Jalan Kuaro Kotak Pos 1068
Telp. (0541) 741118
Fax. (0541) 747479 - 732870
Samarinda 75119, Kalimantan Timur, Indonesia
Contact Us | Send Feedback
 

 

Browse

All of Unmul RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

Repository Universitas Mulawarman copyright ©   LP3M Universitas Mulawarman
Jalan Kuaro Kotak Pos 1068
Telp. (0541) 741118
Fax. (0541) 747479 - 732870
Samarinda 75119, Kalimantan Timur, Indonesia
Contact Us | Send Feedback