Show simple item record

dc.contributor.authorPratiwi, Anita
dc.contributor.authorSugeng, Sugeng
dc.date.accessioned2022-10-10T13:44:35Z
dc.date.available2022-10-10T13:44:35Z
dc.date.issued2015-06
dc.identifier.citationSugeng. (2015).PENGARUH KEMAMPUAN PENALARAN DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI DI KECAMATAN SAMARINDA ULU . PRIMATIKA: Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 2, Nomor 1, Juni 2015, pp. 1-15.en_US
dc.identifier.issnp-ISSN: 2302-4518,
dc.identifier.urihttp://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/42078
dc.description.abstractPenelitian ex post facto ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan penalaran dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri di Kecamatan Samarinda Ulu tahun ajaran 2013/2014. Kemampuan penalaran (X1) dan minat belajar (X2) sebagai variabel bebas dan hasil belajar matematika siswa (Y) sebagai variabel terikat. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri di Kecamatan Samarinda Ulu tahun ajaran 2013/2014. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional cluster random sampling, dan diperoleh sampel 11 kelas dengan 332 siswa yang berasal dari sekolah berbeda yaitu SMP Negeri 1, SMP Negeri 4, SMP Negeri 5, dan SMP Negeri 22 Samarinda. Instrumen penelitian menggunakan angket dan tes. Angket untuk memperoleh data minat belajar siswa; dan tes untuk memperoleh data kemampuan penalaran dan hasil belajar matematika. Sebelum penelitian, angket dan tes diuji-cobakan kepada siswa yang bukan merupakan sampel dari penelitian, yaitu siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 4 Samarinda. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan regresi linier ganda dengan taraf signifikan 5%. Hasil analisis menggunakan regresi linier ganda, diperoleh persamaan penduga Ŷ = 21,201 + 0,240X1 + 0,298X2 dan Fhitung = 45,917 dengan Ftabel =3,00. Fhitung > Ftabel berarti terdapat pengaruh kemampuan penalaran dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Kedua variabel bebas berkontribusi sebesar R2 = 0,218 atau 21,8% terhadap hasil belajar matematika. Hasil analisis kemampuan penalaran siswa diperoleh thitung > ttabel atau 5,979 > 1,960, artinya koefisien variabel X1 yang diperoleh adalah berarti. Hasil analisis minat belajar matematika siswa diperoleh thitung > ttabel atau 6,489 > 1,960, artinya koefisien variabel X2 adalah berarti. Dengan demikian, terdapat pengaruh kemampuan penalaran dan minat belajar terhadap hasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri di Kecamatan Samarinda Ulu.en_US
dc.publisherFKIP Universitas Mulawarman.en_US
dc.relation.ispartofseriesPRIMATIKA, Jurnal Pendidikan Matematika;Volume 2, Nomor 1, Juni 2015, pp. 1-15.
dc.subjectKemampuan penalaran, Minat belajar, Hasil belajar.en_US
dc.titlePENGARUH KEMAMPUAN PENALARAN DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI DI KECAMATAN SAMARINDA ULUen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record