View Item 
  •   Unmul Repository Home
  • Articles
  • A - Teacher Training and Education
  • View Item
  •   Unmul Repository Home
  • Articles
  • A - Teacher Training and Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

PENGARUH KEMAMPUAN PENALARAN DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI DI KECAMATAN SAMARINDA ULU

Thumbnail
View/Open
Kemampuan penalaran (1.454Mb)
Date
2015-06
Author
Pratiwi, Anita
Sugeng, Sugeng
Metadata
Show full item record
Abstract
Penelitian ex post facto ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan penalaran dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri di Kecamatan Samarinda Ulu tahun ajaran 2013/2014. Kemampuan penalaran (X1) dan minat belajar (X2) sebagai variabel bebas dan hasil belajar matematika siswa (Y) sebagai variabel terikat. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri di Kecamatan Samarinda Ulu tahun ajaran 2013/2014. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional cluster random sampling, dan diperoleh sampel 11 kelas dengan 332 siswa yang berasal dari sekolah berbeda yaitu SMP Negeri 1, SMP Negeri 4, SMP Negeri 5, dan SMP Negeri 22 Samarinda. Instrumen penelitian menggunakan angket dan tes. Angket untuk memperoleh data minat belajar siswa; dan tes untuk memperoleh data kemampuan penalaran dan hasil belajar matematika. Sebelum penelitian, angket dan tes diuji-cobakan kepada siswa yang bukan merupakan sampel dari penelitian, yaitu siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 4 Samarinda. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan regresi linier ganda dengan taraf signifikan 5%. Hasil analisis menggunakan regresi linier ganda, diperoleh persamaan penduga Ŷ = 21,201 + 0,240X1 + 0,298X2 dan Fhitung = 45,917 dengan Ftabel =3,00. Fhitung > Ftabel berarti terdapat pengaruh kemampuan penalaran dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Kedua variabel bebas berkontribusi sebesar R2 = 0,218 atau 21,8% terhadap hasil belajar matematika. Hasil analisis kemampuan penalaran siswa diperoleh thitung > ttabel atau 5,979 > 1,960, artinya koefisien variabel X1 yang diperoleh adalah berarti. Hasil analisis minat belajar matematika siswa diperoleh thitung > ttabel atau 6,489 > 1,960, artinya koefisien variabel X2 adalah berarti. Dengan demikian, terdapat pengaruh kemampuan penalaran dan minat belajar terhadap hasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri di Kecamatan Samarinda Ulu.
URI
http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/42078
Collections
  • A - Teacher Training and Education [740]

Repository Universitas Mulawarman copyright ©   LP3M Universitas Mulawarman
Jalan Kuaro Kotak Pos 1068
Telp. (0541) 741118
Fax. (0541) 747479 - 732870
Samarinda 75119, Kalimantan Timur, Indonesia
Contact Us | Send Feedback
 

 

Browse

All of Unmul RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

Repository Universitas Mulawarman copyright ©   LP3M Universitas Mulawarman
Jalan Kuaro Kotak Pos 1068
Telp. (0541) 741118
Fax. (0541) 747479 - 732870
Samarinda 75119, Kalimantan Timur, Indonesia
Contact Us | Send Feedback