Show simple item record

dc.contributor.authorSugeng, Sugeng
dc.contributor.authorAzainil, Azainil
dc.contributor.authorNuryanto, Nuryanto
dc.date.accessioned2022-10-02T22:15:02Z
dc.date.available2022-10-02T22:15:02Z
dc.date.issued2020-12
dc.identifier.issne-ISSN : 2502-8170 p-ISSN : 2502-8162
dc.identifier.urihttp://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/41933
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mengembangkan modul berbasis Realistic Mathematics Education (RME) pembelajaran matematika serta untuk mengetahui kelayakan dan efektifitas penggunaan modul berbasis Realistic Mathematics Education (RME). Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek ujicoba terdiri dari ahli desain modul, ahli materi, praktisi/guru senior yang membidangi keilmuan matematika, dan siswa kelas V SDN.020 Balikpapan Tengah. Tingkat kelayakan modul menunjukan : hasil analisis dari ahli media pertama diperoleh 83.33 masuk dalam kategori sangat layak, hasil analisis dari ahli materi pertama diperoleh 80.88 masuk dalam kategori layak, hasil analisis dari ahli materi kedua diperoleh 82.35 masuk dalam kategori sangat layak, hasil analisis dari ahli praktisi/guru senior diperoleh 92.04 masuk dalam kategori sangat layak. Uji efektifivas penggunaan modul dinilai berdasarkan peningkatan nilai pretest dan posttest pada siswa. efektifivitas penggunaan modul digunakan Uji Statistik yaitu Uji t Berpasangan. Pada pengujian asumsi data berdistribusi normal, data memenuhi distribusi normal apabila p value > 0,05 (taraf signifikansi). Berdasarkan tabel One Sample Kolmogorov Smirnov Test, didapatkan p value pada pretest sebesar 0,467 > 0,05 dan posttest sebesar 0,114 > 0,05. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa data pretest dan posttest memenuhi asumsi distribusi normal. Karena data memenuhi asumsi distribusi normal, maka Uji t Berpasangan dapat digunakan. Berdasarkan tabel Paired Sample Test pada 30 sampel dengan taraf signifikansi 0,05, didapatkan p value sebesar 0,000 < 0,05. Artinya Ho ditolak, terdapat perbedaan nilai pretest dan posttest secara signifikan. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penggunaan modul efektif digunakan pada siswa.en_US
dc.publisherFKIP Universitas Widya Gama Mahakamen_US
dc.relation.ispartofseriesJurnal Pendas Mahakam;Vol 5 (2).2020, 165-170
dc.subjectPengembangan, Modul RME, Matematika,en_US
dc.titlePENGEMBANGAN MODUL BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SDN 020 BALIKPAPAN TENGAHen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record