PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SDN 020 BALIKPAPAN TENGAH
View/ Open
Date
2020-12Author
Sugeng, Sugeng
Azainil, Azainil
Nuryanto, Nuryanto
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mengembangkan modul berbasis Realistic Mathematics Education (RME) pembelajaran matematika serta untuk mengetahui kelayakan dan efektifitas penggunaan modul berbasis Realistic Mathematics Education (RME). Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek ujicoba terdiri dari ahli desain modul, ahli materi, praktisi/guru senior yang membidangi keilmuan matematika, dan siswa kelas V SDN.020 Balikpapan Tengah. Tingkat kelayakan modul menunjukan : hasil analisis dari ahli media pertama diperoleh 83.33 masuk dalam kategori sangat layak, hasil analisis dari ahli materi pertama diperoleh 80.88 masuk dalam kategori layak, hasil analisis dari ahli materi kedua diperoleh 82.35 masuk dalam kategori sangat layak, hasil analisis dari ahli praktisi/guru senior diperoleh 92.04 masuk dalam kategori sangat layak. Uji efektifivas penggunaan modul dinilai berdasarkan peningkatan nilai pretest dan posttest pada siswa. efektifivitas penggunaan modul digunakan Uji Statistik yaitu Uji t Berpasangan. Pada pengujian asumsi data berdistribusi normal, data memenuhi distribusi normal apabila p value > 0,05 (taraf signifikansi). Berdasarkan tabel One Sample Kolmogorov Smirnov Test, didapatkan p value pada pretest sebesar 0,467 > 0,05 dan posttest sebesar 0,114 > 0,05. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa data pretest dan posttest memenuhi asumsi distribusi normal. Karena data memenuhi asumsi distribusi normal, maka Uji t Berpasangan dapat digunakan. Berdasarkan tabel Paired Sample Test pada 30 sampel dengan taraf signifikansi 0,05, didapatkan p value sebesar 0,000 < 0,05. Artinya Ho ditolak, terdapat perbedaan nilai pretest dan posttest secara signifikan. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penggunaan modul efektif digunakan pada siswa.