dc.contributor.author | Sugeng, Sugeng | |
dc.contributor.author | Andriani, Lina | |
dc.contributor.author | Labulan, Labulan | |
dc.date.accessioned | 2022-10-02T13:49:50Z | |
dc.date.available | 2022-10-02T13:49:50Z | |
dc.date.issued | 2021-12-01 | |
dc.identifier.issn | p-ISSN: 2302-4518, e-ISSN: 2622-0911 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/41930 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan menyelidiki perbedaan hasil belajar matematika dalam pembelajaran dengan metode inquiry dan ekspositori siswa kelas X SMKN 12 Samarinda tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian eksperimen semu ini menggunakan Nonequivalent Group Pretest Posttest Design. Populasi penelitian mencakup semua siswa kelas X SMKN 12 Samarinda. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik Purposive Sampling dan diperoleh dua kelas, yaitu X TKJ & X AK1 SMKN 12 Samarinda sebagai sampel penelitian. Pengambilan data menggunakan tiga instrumen, yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Sebelum untuk pengambilan data, soal tes diujicobakan kepada 32 siswa kelas X jurusan TKJ SMK Muhammadiyah di Loa Janan. Analisi data penelitian menggunakan teknik Independent Sample t-test pada =0,05. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata skor hasil belajar matematika siswa kelompok eksperimen (63,12) lebih tinggi daripada siswa kelompok kontrol (50,84). Hasil uji t menunjukkan nilai Sig.= dan tenyata lebih kecil dari taraf =0 sehingga Ho ditolak. Dengan demikian, terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa dalam pembelajaran menggunakan metode inquiry dan ekspositori kelas X SMKN 12 Samarinda tahun pelajaran 2019/2020. Berdasarkan Uji Satu Pihak (uji pihak kanan) diperoleh Sig.=0.004 sehingga ditolak, berarti pembelajaran yang menggunakan metode Inquiry menghasilkan hasil belajar yang lebih tinggi dan signifikan daripada menggunakan metode Ekspositori. | en_US |
dc.publisher | FKIP Universitas Mulawarman. | en_US |
dc.relation.ispartofseries | PRIMATIKA, Jurnal Pendidikan Matematika;Volume 10, Nomor 2, Desember 2021, pp. 107-116 | |
dc.subject | Metode Inquiry, Metode Ekspositori, Hasil Belajar Matematika | en_US |
dc.title | PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DALAM PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN METODE INQUIRY DAN EKSPOSITORI KELAS X SMKN 12 SAMARINDA | en_US |
dc.type | Article | en_US |