PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DALAM PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN METODE INQUIRY DAN EKSPOSITORI KELAS X SMKN 12 SAMARINDA
View/ Open
Date
2021-12-01Author
Sugeng, Sugeng
Andriani, Lina
Labulan, Labulan
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan menyelidiki perbedaan hasil belajar matematika dalam pembelajaran dengan metode inquiry dan ekspositori siswa kelas X SMKN 12 Samarinda tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian eksperimen semu ini menggunakan Nonequivalent Group Pretest Posttest Design. Populasi penelitian mencakup semua siswa kelas X SMKN 12 Samarinda. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik Purposive Sampling dan diperoleh dua kelas, yaitu X TKJ & X AK1 SMKN 12 Samarinda sebagai sampel penelitian. Pengambilan data menggunakan tiga instrumen, yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Sebelum untuk pengambilan data, soal tes diujicobakan kepada 32 siswa kelas X jurusan TKJ SMK Muhammadiyah di Loa Janan. Analisi data penelitian menggunakan teknik Independent Sample t-test pada =0,05. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata skor hasil belajar matematika siswa kelompok eksperimen (63,12) lebih tinggi daripada siswa kelompok kontrol (50,84). Hasil uji t menunjukkan nilai Sig.= dan tenyata lebih kecil dari taraf =0 sehingga Ho ditolak. Dengan demikian, terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa dalam pembelajaran menggunakan metode inquiry dan ekspositori kelas X SMKN 12 Samarinda tahun pelajaran 2019/2020. Berdasarkan Uji Satu Pihak (uji pihak kanan) diperoleh Sig.=0.004 sehingga ditolak, berarti pembelajaran yang menggunakan metode Inquiry menghasilkan hasil belajar yang lebih tinggi dan signifikan daripada menggunakan metode Ekspositori.