Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Edmodo Terhadap Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik
Date
2021-11Author
Nur Zannah, Siti
Subagiyo, Lambang
Damayanti, Puardmi
Metadata
Show full item recordAbstract
Studi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning berbantuan Edmodo terhadap minat dan hasil belajar peserta didik pada materi gelombang bunyi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain one group pretest-posttest dan sampel sebanyak 36 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik angket. Uji statistik yang digunakan ialah uji t berpasangan. Hasil uji
menunjukkan bahwa penggunaan model discovery learning berbantuan Edmodo memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat peserta didik berdasarkan nilai signifikansi pada uji t ialah sebesar 0,000. Sama halnya dengan minat, model discovery learning berbantuan Edmodo memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar yang ditunjukkan berdasarkan nilai rata-rata peserta didik yang meningkat dari 32,36 menjadi 75,27 dan nilai signifikansi pada uji t sebesar 0,000. Berdasarkan hasil uji statistik tersebut maka model discovery learning berbantuan Edmodo dinyatakan memiliki pengaruh terhadap minat dan hasil belajar peserta didik