Show simple item record

dc.contributor.authorYulia Sari, Dini
dc.contributor.authorWidiyowati, Iis Intan
dc.contributor.authorKusumawardani, Ratna
dc.date.accessioned2022-04-10T00:10:16Z
dc.date.available2022-04-10T00:10:16Z
dc.date.issued2020-09-30
dc.identifier.issn2615-8426
dc.identifier.urihttp://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/37456
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan kognitif siswa pada pokok bahasan kelarutan dan hasil kali kelarutan (Ksp) setelah diajar dengan model pembelajaran process-oriented guided-inquiry learning (POGIL) dengan metode praktikum. Sampel dalam penelitian ini adalah dua kelompok siswa SMA kelas XI jurusan IPA. Kemampuan kognitif siswa diperoleh melalui tes. Data dianalisis menggunakan uji normalitas dengan metode Chi-Square, uji homogenitas menggunakan uji F dan uji perbedaan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kemampuan kognitif siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol berturut-turut adalah 75,85 dan 71,05. Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pegaruh signifikan (5%) penggunaan model pembelajaran POGIL dengan metode praktikum terhadap kemampuan kognitif siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan.en_US
dc.publisherBachelor Degree Program of Chemical Education of Mulawarman University, Indonesiaen_US
dc.subjectPOGIL, praktikum, kognitif, Kspen_US
dc.titlePENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POGIL DENGAN METODE PRAKTIKUM TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTANen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record