PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POGIL DENGAN METODE PRAKTIKUM TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN
Date
2020-09-30Author
Yulia Sari, Dini
Widiyowati, Iis Intan
Kusumawardani, Ratna
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan kognitif siswa pada pokok bahasan kelarutan dan
hasil kali kelarutan (Ksp) setelah diajar dengan model pembelajaran process-oriented guided-inquiry
learning (POGIL) dengan metode praktikum. Sampel dalam penelitian ini adalah dua kelompok siswa
SMA kelas XI jurusan IPA. Kemampuan kognitif siswa diperoleh melalui tes. Data dianalisis
menggunakan uji normalitas dengan metode Chi-Square, uji homogenitas menggunakan uji F dan uji
perbedaan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kemampuan kognitif siswa
kelas eksperimen dan kelas kontrol berturut-turut adalah 75,85 dan 71,05. Penelitian ini menunjukkan
bahwa terdapat pegaruh signifikan (5%) penggunaan model pembelajaran POGIL dengan metode
praktikum terhadap kemampuan kognitif siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan.