KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL ROTATING REVIEW DAN TWO STAY TWO STRAY PADA POKOK BAHASAN HIDROLISIS GARAM
View/ Open
Date
2020-09-30Author
Kusumawardani, Ratna
Retnowati, Ria
Widiyowati, Iis Intan
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan kognitif atara siswa diajardenganmodel pembelajaran rotating reviewdansiswa yang diajar dengan modeltwo staytwo straypada materi hidrolisis garam di SMA Negeri 5 Samarinda, Indonesia. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatifjenis quasi-eksperimentaldan desainpost-test only control group. Subjek dalm penelitian ini dipilihmenggunakan teknik purposive sampling. Terdapat satu kelompok siswa(siswa kelas XI IPA 2)yang diajar menggunakan model pembelajaran rotating reviewdan satu kelompok siswa(siswa kelas XI IPA 3)yang diajar menggunakan model pembelajaran two stay two stray.Nilai kemampuan kognitif siswa diperoleh dari nilai post testdanulangan harian. Rata-rata nilai kemampuan kognitif siswa dianalisis menggunakan t-test. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata kemampuan kognitif siswakelas XI IPA 2 dan siswa kelas XI IPA 3 adalah 75,48dan 70,84. Hasil uji-t menunjukkan kedua nilai rata-rata tesebut berbeda signifikan (α=0,05). Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan kognitif siswa yang diajar dengan model pembelajaran rotating reviewlebih baik daripada kemampuan kognitifsiswa yangdiajar menggunakan model pembelajaran two stay two stray