Show simple item record

dc.contributor.authorHarisandi, Agus
dc.contributor.authorKusumawardani, Ratna
dc.contributor.authorMuflihah, Muflihah
dc.date.accessioned2022-04-09T23:38:33Z
dc.date.available2022-04-09T23:38:33Z
dc.date.issued2020-03-31
dc.identifier.issn2615-8426
dc.identifier.urihttp://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/37454
dc.description.abstractPenelitian pengaruh penerapan model pembelajaran Co-op Co-op terhadap hasil belajar siswa kelas X SMK Husada Prima Samarinda pada materi sistem periodik unsur telah dilakukan. Sampel adalah siswa kelas X-A dan X-B, setiap kelas terdiri 20 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data melalui tes dan non tes. Teknik tes melalui 2 kali post-test dan ulangan harian sedangkan teknik non tes menggunakan observasi sebagai data penunjang. Data nilai siswa pada pokok bahasan sebelumnya digunakan untuk menguji homogenitas sampel penelitian. Nilai hasil belajar setelah perlakuan diperoleh dari 30% masing-masing post-test dan 40% ulangan harian. Data dianalisis menggunakan uji t pada taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata siswa kelas eksperimen (80) signifikan lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata siswa kelas kontrol (76). Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Co-op Co-op terhadap hasil belajar siswa kelas X SMK Husada Prima Samarinda pada pokok bahasan sistem periodik unsur.en_US
dc.publisherBachelor Degree Program of Chemical Education of Mulawarman University, Indonesiaen_US
dc.subjectCo-op Co-op, hasil belajar, sistem periodik unsuren_US
dc.titlePENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CO-OP CO-OP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMK PADA MATERI SISTEM PERIODIK UNSURen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record