PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CO-OP CO-OP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMK PADA MATERI SISTEM PERIODIK UNSUR
Date
2020-03-31Author
Harisandi, Agus
Kusumawardani, Ratna
Muflihah, Muflihah
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian pengaruh penerapan model pembelajaran Co-op Co-op terhadap hasil belajar siswa
kelas X SMK Husada Prima Samarinda pada materi sistem periodik unsur telah dilakukan.
Sampel adalah siswa kelas X-A dan X-B, setiap kelas terdiri 20 siswa. Pengambilan sampel
dilakukan dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data melalui tes
dan non tes. Teknik tes melalui 2 kali post-test dan ulangan harian sedangkan teknik non tes
menggunakan observasi sebagai data penunjang. Data nilai siswa pada pokok bahasan
sebelumnya digunakan untuk menguji homogenitas sampel penelitian. Nilai hasil belajar setelah
perlakuan diperoleh dari 30% masing-masing post-test dan 40% ulangan harian. Data dianalisis
menggunakan uji t pada taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata siswa
kelas eksperimen (80) signifikan lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata siswa kelas kontrol
(76). Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Co-op Co-op
terhadap hasil belajar siswa kelas X SMK Husada Prima Samarinda pada pokok bahasan sistem
periodik unsur.