Show simple item record

dc.contributor.authorSiastuti, Tri
dc.contributor.authorKusumawardani, Ratna
dc.contributor.authorMuflihah, Muflihah
dc.date.accessioned2022-04-09T23:16:23Z
dc.date.available2022-04-09T23:16:23Z
dc.date.issued2020-12-31
dc.identifier.issn2655-8556 (p)
dc.identifier.urihttp://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/37452
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi active learning tipe the firing line terhadap hasil belajar siswa SMA pada pokok bahasan sistem koloid. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 6 Samarinda tahun ajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI dan sampel dipilih adalah dua kelompok siswa, masing-masing berjumlah 36 dengan teknik proposive sampling adalah kelas XI IPA-1 dan XI IPA-2 dengan masing-masing kelas berjumlah 36 orang. Satu kelompok siswa diajar menggunakan model strategi active learning tipe the firing line (kelompok eksperimen) dan satu kelompok siswa diajar mengunakan strategi pembelajaran langsung (kelompok kontrol). Hasil belajar siswa diperoleh menggunakan tes yang diberikan pada setiap akhir pertemuan dan ulangan harian. Data hasil belajar siswa kedua kelompok sampel diuji statistik menggunakan uji t untuk mengetahui adanya pengaruh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa kelompok eksperimen (82,61) signifikan lebih tinggi dari pada rata-rata hasil belajar siswa kelompok kontrol (80,67). Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh strategi active learning tipe the firing line terhadap hasil belajar siswa bahasan sistem koloid.en_US
dc.publisherFKIP, Universitas Mulawarmanen_US
dc.subjectHasil belajar, koloid, strategi active learning, the firing lineen_US
dc.titlePengaruh penerapan strategi active learning tipe the firing line terhadap hasil belajar siswa SMA pada pokok bahasan sistem koloiden_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record