Pengaruh penerapan strategi active learning tipe the firing line terhadap hasil belajar siswa SMA pada pokok bahasan sistem koloid
Date
2020-12-31Author
Siastuti, Tri
Kusumawardani, Ratna
Muflihah, Muflihah
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi active learning tipe the firing line terhadap
hasil belajar siswa SMA pada pokok bahasan sistem koloid. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 6
Samarinda tahun ajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI dan
sampel dipilih adalah dua kelompok siswa, masing-masing berjumlah 36 dengan teknik proposive
sampling adalah kelas XI IPA-1 dan XI IPA-2 dengan masing-masing kelas berjumlah 36 orang. Satu
kelompok siswa diajar menggunakan model strategi active learning tipe the firing line (kelompok
eksperimen) dan satu kelompok siswa diajar mengunakan strategi pembelajaran langsung (kelompok
kontrol). Hasil belajar siswa diperoleh menggunakan tes yang diberikan pada setiap akhir pertemuan dan
ulangan harian. Data hasil belajar siswa kedua kelompok sampel diuji statistik menggunakan uji t untuk
mengetahui adanya pengaruh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa kelompok
eksperimen (82,61) signifikan lebih tinggi dari pada rata-rata hasil belajar siswa kelompok kontrol
(80,67). Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh strategi active learning tipe the firing line terhadap
hasil belajar siswa bahasan sistem koloid.