Pengaruh penggunaan model pembelajaran giving question and getting answerterhadap hasil belajar siswa SMA pada pokok bahasan hidrokarbon
Date
2020-12-31Author
Nur Aisyah, Siti
Kusumawardani, Ratna
Cathrine Watulingas, Maasje
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe giving question and getting answer (GQGA)terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan hidrokarbon. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XIPASMAN 17 Samarinda. Sampel penelitianadalah dua kelompok siswa, masing-masing berjumlah 26 orang, yang diperoleh dengan teknik proposive sampling. Satu kelompok siswa diajarmenggunakan model pembelajaran GQGA(kelompok eksperimen)sedangkan satu kelompok yang lain diajar denganmodel pembelajaran langsung(kelompok kontrol). Hasil belajar yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwathitung(12,70)> ttabel(2,01) pada taraf signifikan 5%. yang berarti terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran GQGA terhadap hasil belajar siswa pada materi hidrokarbon.