Show simple item record

dc.contributor.authorRifa'at, Anwar
dc.contributor.authorBasir A, Abd
dc.contributor.authorHaryaka, Uspandi
dc.date.accessioned2022-03-16T15:19:06Z
dc.date.available2022-03-16T15:19:06Z
dc.date.issued2021-03-05
dc.identifier.issn2721-692
dc.identifier.urihttp://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/32597
dc.descriptionArtukel pada Prosiding SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, SAINS, GEOGRAFI, DAN KOMPUTER TAHUN 2020en_US
dc.description.abstractAbstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara disiplin belajar dan kesiapan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 34 Samarinda tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 34 tahun ajaran 2019/2020 dengan berjumlah 6 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 175 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan cluster random sampling, sehingga diperoleh sampel penelitian sebanyak 5 kelas dengan 146 siswa. Teknik pengumpulan data variabel disiplin dan kesiapan belajar siswa diperoleh dengan menggunakan angket, sementara hasil belajar matematika siswa diperoleh dengan menggunakan tes hasil belajar matematika. Analisis data menggunakan statistika deskriptif dan statistika inferensial. Pengujian hipotesis menggunakan uji F melalui analisis regresi linier ganda yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji linieritas. Hasil analisis deskriptif data diperoleh rata-rata disiplin belajar sebesar 61,12 yang termasuk dalam kategori sedang, kesiapan belajar sebesar 60,71 yang termasuk dalam kategori sedang, dan hasil belajar matematika siswa sebesar 52,86 yang termasuk dalam kategori sangat rendah. Pengujian keberartian koefisien regresi untuk variabel displin belajar diperoleh t hitung > t tabel yaitu 2,432 > 1,960, maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Pengujian keberartian koefisien regresi untuk variabel kesiapan belajar diperoleh t hitung > t tabel yaitu 2,158 > 1,960, maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh kesiapan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh disiplin dan kesiapan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 34 Samarinda tahun ajaran 2019/2020. Kata kunci : Disiplin, Kesiapan Belajar, Hasil Belajar Matematikaen_US
dc.description.sponsorshipJurusan PMIPA Fkip Universitas Mulawarmanen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherProsiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Sains, Geografi, dan Komputeren_US
dc.relation.ispartofseriesEdisi 2;2
dc.titlePENGARUH DISIPLIN DAN KESIAPAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 34 SAMARINDAen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record