View Item 
  •   Unmul Repository Home
  • Articles
  • A - Teacher Training and Education
  • View Item
  •   Unmul Repository Home
  • Articles
  • A - Teacher Training and Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

PENGARUH DISIPLIN DAN KESIAPAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 34 SAMARINDA

Thumbnail
View/Open
Prosiding Seminar Jurusan Pend. MIPA 2020 (1)-54-58.pdf (534.6Kb)
Date
2021-03-05
Author
Rifa'at, Anwar
Basir A, Abd
Haryaka, Uspandi
Metadata
Show full item record
Abstract
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara disiplin belajar dan kesiapan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 34 Samarinda tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 34 tahun ajaran 2019/2020 dengan berjumlah 6 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 175 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan cluster random sampling, sehingga diperoleh sampel penelitian sebanyak 5 kelas dengan 146 siswa. Teknik pengumpulan data variabel disiplin dan kesiapan belajar siswa diperoleh dengan menggunakan angket, sementara hasil belajar matematika siswa diperoleh dengan menggunakan tes hasil belajar matematika. Analisis data menggunakan statistika deskriptif dan statistika inferensial. Pengujian hipotesis menggunakan uji F melalui analisis regresi linier ganda yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji linieritas. Hasil analisis deskriptif data diperoleh rata-rata disiplin belajar sebesar 61,12 yang termasuk dalam kategori sedang, kesiapan belajar sebesar 60,71 yang termasuk dalam kategori sedang, dan hasil belajar matematika siswa sebesar 52,86 yang termasuk dalam kategori sangat rendah. Pengujian keberartian koefisien regresi untuk variabel displin belajar diperoleh t hitung > t tabel yaitu 2,432 > 1,960, maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Pengujian keberartian koefisien regresi untuk variabel kesiapan belajar diperoleh t hitung > t tabel yaitu 2,158 > 1,960, maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh kesiapan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh disiplin dan kesiapan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 34 Samarinda tahun ajaran 2019/2020. Kata kunci : Disiplin, Kesiapan Belajar, Hasil Belajar Matematika
URI
http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/32597
Collections
  • A - Teacher Training and Education [740]

Repository Universitas Mulawarman copyright ©   LP3M Universitas Mulawarman
Jalan Kuaro Kotak Pos 1068
Telp. (0541) 741118
Fax. (0541) 747479 - 732870
Samarinda 75119, Kalimantan Timur, Indonesia
Contact Us | Send Feedback
 

 

Browse

All of Unmul RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

Repository Universitas Mulawarman copyright ©   LP3M Universitas Mulawarman
Jalan Kuaro Kotak Pos 1068
Telp. (0541) 741118
Fax. (0541) 747479 - 732870
Samarinda 75119, Kalimantan Timur, Indonesia
Contact Us | Send Feedback