HUBUNGAN PERHATIAN DAN PERAN ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 LONG IRAM
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan perhatian dan peran orang
tua dengan pretasi belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Long Iram. Jenis penelitian
yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa
kelas VIII yang berjumlah 130 siswa, dan sampel yang diteliti sebanyak 32 siswa. Metode
yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan kuesioner. Analisis data
menggunakan korelasi product moment. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan,
maka hasil penelitian menunjukkan bahwa perhatian dan peran orang tua memiliki
hubungan yang sedang dengan prestasi belajar. Dari hasil penelitian disarankan Orang tua
hendaknya lebih memperhatikan prestasi belajar anaknya dengan memberikan perhatian dan
peran secara optimal.