Respon Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 2 Sendawar Terhadap Penggunaan Media Pembelajaran Online Pada Bidang Studi Geografi
Abstract
Media pembelajaam merupakan salah satu perangkat pembalajaran yang berpengaruh terhadap rspon siswa dalam proses pembelajaran. Artikel ini ditulis bertujuan untuk mengetahui respon siswa pada di-mensi kognitif, afektif dan konatif terhadap penggunaan media pembelajaran online pada materi pengetahuan dasar geografi SMAN 2 Sendawar. Penelitian menggunakan metode deskriptif dengan pen-dekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan ada-lah komunikasi tidak langsung. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar angket yang disebarkan dan diisi secara online. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ada-lah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar dari 65 jumlah siswa X IPS 1 dan X IPS 2 yang melakukan proses pembelajaran menggunakan media online, sebanyak 60 siswa mengalami pening-katan hasil belajar yang signifikan, sedangkan terdapat 5 siswa yang justru mengalami penurunan hasil belajar, untuk tingkat kriteria ke-tuntasan minimal (KKM), dari 65 siswa yang melakukan posttest, hanya terdapat 8 siswa yang memenuhi syarat KKM, 57 siswa lainnya belum memenuhi KKM.