Show simple item record

dc.contributor.authorSusanti, Tamara Claudya
dc.contributor.authorKusumawardani, Ratna
dc.contributor.authorMajid, Abdul
dc.date.accessioned2022-01-18T02:05:10Z
dc.date.available2022-01-18T02:05:10Z
dc.date.issued2021-05-31
dc.identifier.issn2615-8426
dc.identifier.urihttp://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/13699
dc.descriptionJurnal Nasionalen_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran process oriented guided inquiry learning (POGIL) terhadap hasil belajar siswa sekolah menengah kejuruan (SMK) pada pokok bahasan laju reaksi. Penelitian ini menggunakan desain intact group comparison. Penelitian dilaksankan di SMK Negeri 6 Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia. Sampel adalah 2 (dua) kelompok siswa yang diambil dengan teknik purposive sampling. Satu kelas siswa diajar dengan model pembelajaran POGIL dan satu kelas siswa yang lain diajar dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Hasil belajar siswa diperoleh melalui tes yang diberikan pada post-test dan ulangan harian. Adanya pengaruh diuji menggunakan uji t pada taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran POGIL (71,71) berbeda signifikan dengan rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung (66,46). Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran POGIL terhadap hasil belajar siswa SMK pada pokok bahasan laju reaksi.en_US
dc.publisherBachelor Degree Program of Chemical Education of Mulawarman University, Indonesiaen_US
dc.subjectintac group comparison, kimia, POGILen_US
dc.titlePengaruh model pembelajaran process oriented guided inquiry learning terhadap hasil belajar siswa SMK pada pokok bahasan laju reaksien_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record