Pengaruh model pembelajaran process oriented guided inquiry learning terhadap hasil belajar siswa SMK pada pokok bahasan laju reaksi
Date
2021-05-31Author
Susanti, Tamara Claudya
Kusumawardani, Ratna
Majid, Abdul
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran process oriented guided inquiry learning (POGIL) terhadap hasil belajar siswa sekolah menengah kejuruan (SMK) pada pokok bahasan laju reaksi. Penelitian ini menggunakan desain intact group comparison. Penelitian dilaksankan di SMK Negeri 6 Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia. Sampel adalah 2 (dua) kelompok siswa yang diambil dengan teknik purposive sampling. Satu kelas siswa diajar dengan model pembelajaran POGIL dan satu kelas siswa yang lain diajar dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Hasil belajar siswa diperoleh melalui tes yang diberikan pada post-test dan ulangan harian. Adanya pengaruh diuji menggunakan uji t pada taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran POGIL (71,71) berbeda signifikan dengan rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung (66,46). Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran POGIL terhadap hasil belajar siswa SMK pada pokok bahasan laju reaksi.