MANAJEMEN SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen
sekolah dasar Islam terpadu (SDIT) Cordova Samarinda yang meliputi manajemen sumber daya manusia,
manajemen fungsi keuangan, dukungan orang tua dalam penerapan manajemen sekolah, dan kendala
yang dihadapi dalam menerapkan manajemen SDIT Cordova Samarinda. Penelitian ini menggunakan metode
studi
kasus
dengan
pendekatan
kualitatif.
Pendekatan
ini
menghasilkan
temuan
yang
diperoleh
dari
data
yang
dikumpulkan
melalui
teknik
observasi
partisipasi,
wawancara
mendalam
dan
studi
dokumentasi.
Instrumen
dalam
penelitiani
ini
adalah
peneliti
sendiri
sebagai
key
instrument,
sedangkan
yang
menjadi
informan
atau
sumber
data
adalah
kepala
sekolah
sebagai
informan
kunci
dan
yayasan,
kepala
TU,
wakil
kepala
sekolah dan orang tua siswa sebagai informan pendukung. Hasil penelitian menunjukan bahwa
perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan program pengembangan sumber daya
manusia di SDIT Cordova berjalan dengan baik. Strategi pengembangan guru dan pegawai dengan menggunakan
pendekatan “make approach”; Sumber dana berasal dari BOS, partisipasi masyarakat, dan
yayasan. Insentif yang diterima guru bermacam-macam. Partisipasi orang tua dalam manajemen sekolah
dalam bidang fisik dan non fisik sudah baik