Preferensi Konsumen Terhadap Tanaman Hias Aglaonema (Studi kasus Taman Tiga Saudara Vorvo Samarinda Ulu)
Abstract
Aglaonema merupakan tanaman hias yang banyak digemari di Indonesia.
Preferensi konsumen dan sikap konsumen terhadap tanaman hias Aglaonema
dipengaruhi oleh beberapa faktor. Penelitian ini untuk mengetahui preferensi
konsumen terhadap tanaman hias Aglaonema, mengetahui faktor-faktor yang
mempengaruhi preferensi dan mengetahui sikap konsumen terhadap tanaman hias
Aglaonema. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni-Agustus 2018 di Kota
Samarinda. Data yang diambil meliputi data primer dan sekunder. Penentuan lokasi
penelitian dilakukan dengan metode purposive (sengaja) dan metode pengambilan
sampel dilakukan secara accidental. Metode penelitian menggunakan analisis
deskriptif kualitatif dengan menggunakan skala semantik differential. Hasil penelitian
preferensi konsumen terhadap tanaman hias Aglaonema menunjukkan bahwa
preferensi konsumen tertinggi terhadap tanaman hias Aglaonema adalah karena
perilaku setelah pembelian dengan rata-rata skor 20,17 termasuk kategori tinggi dan
faktor yang mempengaruhi preferensi konsumen Tanaman Hias Aglaonema adalah
faktor pribadi dengan skor 20,28. Sikap konsumen terhadap tanaman hias adalah
semua tindakan dan proses psikologis yang mendorong tindakan tersebut pada saat
sebelum membeli, ketika membeli, menggunakan, menghabiskan produk dan jasa
setelah melakukan hal-hal tersebut, untuk mendapatkan, mengkoleksi, tanaman hias
Aglaonema.
Kata kunci: Preferensi konsumen, Tanaman Hias, Aglaonema
Collections
- A - Agriculture [258]