PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DALAM MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA PADA POKOK BAHASAN TATA NAMA SENYAWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran make a
match dalam model pembelajaran team games tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa
SMA pada pokok bahasan tata nama senyawa. Jenis penelitian ini tergolong quasi experiment.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 5 Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia. Subjek
peneliti adalah siswa kelas X IPA1 (kelas eksperimen, 32 siswa) dan kelas X IPA2 (kelas
kontrol, 31 siswa) yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Model pembelajaran
yang digunakan untuk kelas eksperimen adalah model pembelajaran make a match dalam model
pembelajaran TGT dan model pembelajaran yang digunakan untuk kelas kontrol adalah model
pembelajaran TGT. Ada tiga data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu (1) data
dokumentasi berupa nilai hasil belajar siswa pada pokok bahasan sebelumnya, (2) nilai tes
kemampuan kognitif siswa yang diperoleh dari 25% nilai post-test pertemuan pertama, 25%
nilai post-test pertemuan kedua dan 50% nilai ulangan harian, dan (3) data aktivitas siswa yang
diperoleh melalui observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh
penggunaan model pembelajaran make a match dalam model pembelajaran TGT terhadap hasil
belajar siswa SMA pada pokok bahasan tata nama senyawa.