Pengaruh Penggunaan Isu Sosiosaintifik dalam Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa
View/ Open
Date
2020-02Author
Wuri U, SismawarniD
Usman
Nur, Hamid
Pintaka, Kusumaningtyas
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan isu sosiosaintifik dalam penerapan
model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa
kelas X MAN 1 Samarinda pada pokok bahasan Hukum-hukum Dasar Kimia. Metode penelitian
yang digunakan adalah metode quasi eksperimental, dengan jenis rancangan penelitian pretest posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA MAN
1 Samarinda tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 106 siswa, yang terbagi ke dalam 3 kelas.
Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling dan dipilih 2 kelas sebagai
kelas kontrol dan kelas eksperimen, yang masing-masing berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan
data yang digunakan adalah tes berupa soal pretest dan posttest untuk mengukur keterampilan
berpikir tingkat tinggi siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil
analisis statistik menunjukkan nilai thitung = 3,072 > ttabel = 1,673 (α= 0,05), yang berarti Ha diterima dan
Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan isu sosiosaintifik dalam model
PBM berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa (High Order
Thinking Skill, HOTS).