Asistensi Pembuatan Website “Mall Pelayanan Publik” Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Samarinda
Abstract
Keberadaan website pemerintah merupakan tonggak awal dari implementasi e-government
sebagai kanal resmi bagi diseminasi informasi terkait dengan pelayanan publik. Meski demikian, masih
terdapat beberapa OPD yang belum memiliki website resmi seperti DPMPTSP Kota Samarinda yang belum
memiliki website khusus terkait “Mal Pelayanan Publik”. Hal ini ditengarai karena kurangnya kualitas
sumberdaya manusia yang kompeten dalam pengelolaan website resmi pemerintah. Berdasarkan hal
tersebut maka pengabdian kepada masyarakat kali ini ditujukan untuk memberikan asistensi kepada
DPMPTSP Kota Samarinda dalam hal pembuatan website resmi “Mal Pelayanan Publik” sebagai bentuk
upaya penguatan e-government di lingkup Pemerintah Kota Samarinda. Kegiatan PkM ini dilakukan dengan
metode asistensi dan pelatihan tematik. Hasil kegiatan pengabdian ini adalah terbentuknya website “Mal
Pelayanan Publik” serta peningkatan keterampilan aparatur di DPMPTSP dalam hal pengelolaan website
resmi.