Book Chapter : MEDIA PEMBELAJARAN PAUD (TINJAUAN TEORI DAN PRAKTIS
Abstract
Pengembangan kognitif pada anak usia dini yang mencakup
kemampuan matematika awal merupakan salah satu gambaran tujuan
utama dalam pengembangan materi pembelajaran persiapan memasuki
jenjang pendidikan di sekolah dasar (SD) bagi anak prasekolah. Kajian
empiris dari Watts, et.all (2014) melaporkan terdapat pengaruh
pengalaman kemampuan matematika awal pada masa usia dini yang
mempengaruhi keberhasilan akademis anak ketika mencapai usia 15
tahun. Hasil prediksi dari penelitian tersebut mendeskripsikan pengaruh
berhasil atau tidaknya anak dapat mencapai kemampuan matematika
awal sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor misalnya kemampuan
membaca awal, keterampilan kognitif dan karakteristik pola pengasuhan
lingkungan keluarga. Sebagaimana argumentasi Paz-Albo Prieto,et al (2017)
menjelaskan aktivitas bermain menggunakan media permainan dapat
mengajarkan nilai-nilai gender sejak dini terutama pada kemampuan
mengenal warna dan jenis permainan.
Collections
- Hak Cipta [793]