View Item 
  •   Unmul Repository Home
  • Skripsi
  • TA - Social and Political Sciences
  • S1-Ilmu Administrasi Bisnis
  • View Item
  •   Unmul Repository Home
  • Skripsi
  • TA - Social and Political Sciences
  • S1-Ilmu Administrasi Bisnis
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG PADA SWISS-BEL HOTEL BORNEO SAMARINDA

Thumbnail
View/Open
Skripsi Digital_AB_2024_Novi_Octavia_Pengaruh_Kualitas_Pelayanan.pdf (1.674Mb)
Date
2024-06-14
Author
WULANDARI NIUFLAPU, NOVI OCTAVIA
Metadata
Show full item record
Abstract
Novi Octavia Wulandari Niuflapu, Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung pada Swiss-Bel Hotel Borneo Samarinda dibimbing oleh H. M. Tommy Fimi Putra, SE. M.Si selaku pembimbing I. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel independen kualitas pelayanan yang terdiri dari bukti fisik (X1) , daya tanggap(X2), jaminan (X3), empati (X4), dan kehandalan (X5) terhadap variabel dependen yaitu kepuasan pengunjung (Y). Landasan teori utama (grand teory) dalam penelitian ini adalah Pemasaran. Jenis penelitian ini ialah jenis penelitian kuantitatif, populasi penelitian ini adalah pengunjung Swiss-Bel Hotel Borneo Samarinda. Teknik pengambilan sampel yang digunakan Purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini di hitung dengan menggunakan rumus slovin yaitu 100 responden. Hasil perhitungan uji F (Simultan) menunjukan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari variabel bukti fisik (X1) , daya tanggap(X2), jaminan (X3), empati (X4), dan kehandalan (X5) terhadap variabel dependen yaitu kepuasan pengunjung (Y) Swiss-Bel Hotel Borneo Samarinda. Dari hasil analisis uji t (parsial) menunjukan bahwa secara parsial, daya tanggap(X2), jaminan (X3), dan empati (X4) memberikan pengaruh yang signifikan terhadap variabel dependen yaitu kepuasan pengunjung (Y). Sedangkan bukti fisik (X1) dan kehandalan (X5) berpengaruh tidak signifikan terhadap kepuasan pengujung (Y). Hasil variabel yang paling berpengaruh adalah variabel jaminan (X3) terhadap kepuasan pengunjung Swiss-Bel Hotel Borneo Samarinda.
URI
http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/57932
Collections
  • S1-Ilmu Administrasi Bisnis [97]

Repository Universitas Mulawarman copyright ©   LP3M Universitas Mulawarman
Jalan Kuaro Kotak Pos 1068
Telp. (0541) 741118
Fax. (0541) 747479 - 732870
Samarinda 75119, Kalimantan Timur, Indonesia
Contact Us | Send Feedback
 

 

Browse

All of Unmul RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

Repository Universitas Mulawarman copyright ©   LP3M Universitas Mulawarman
Jalan Kuaro Kotak Pos 1068
Telp. (0541) 741118
Fax. (0541) 747479 - 732870
Samarinda 75119, Kalimantan Timur, Indonesia
Contact Us | Send Feedback