PENGEMBANGAN MODUL AJAR GEOMETRI BERBASIS LITERASI MATEMATIKA DENGAN SOAL PENGUKURAN BERSKALA PARTIAL CREDIT MODEL JENJANG SMP DI KALIMANTAN TIMUR
View/ Open
Date
2023-10-05Author
Sugeng, Sugeng
Kukuh, Kukuh
Rahmayani, Hesti
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian pengembangan (R & D) ini menggunakan model 4–D (Define, Design, Develop, Disseminate). Tujuan penelitian menghasilkan produk yang layak, valid, praktis, dan efektif berupa modul ajar Geometri berbasis Literasi Matematika dengan soal tes Geometri dengan penskalaan Partial Credit Model (PCM) jenjang SMP. Subjek penelitian siswa SMP di wilayah Kalimantan Timur yang memperhatikan level sekolah (wilayah kabupaten/kota). Proses penelitian pengembangan mengikuti alur model 4-D, dengan melibatkan beberapa validator ahli materi dan bahasa). Ujicoba dengan sampel kecil (N=21) di SMPN 5 Kota Samarinda, dan ujicoba sampel besar (diseminasi) di SMPN 4 Kabupaten Kutim (N=23) dan SMPN 7 Kabupaten PPU (N=29). Angket guru, angket siswa, dan tes digunakan untuk mengumpulkan data/respon dari guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk akhir berupa Modul ajar Geometri memnuhi kriteria sebagai modul yang layak, valid, praktis, dan efektif. Untuk penelitian lebih lanjut dapat menggunakan materi ajar berbeda, sampel dari jenjang sekolah berbeda, indikator modul lebih lengkap, pelaksanaan uji coba besar (diseminasi) dengan menerapkan metode komparatif agar diperoleh efektifitas modul secara statisistik.