ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS VII TERHADAP KONSEP PERKALIAN BESERTA REKOMENDASI DESAIN PEMBELAJARAN KONSEP PERKALIAN
Abstract
Perkalian merupakan salah satu operasi dari aritmatika dasar yang memiliki peran esensial dalam
pembelajaran matematika. Namun pada faktanya masih terdapat kesalahan-kesalahan yang dilakukan
siswa dalam perhitungan operasi perkalian. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk
mengidentifikasi secara komprehensif kesalahan siswa terhadap konsep perkalian serta memberikan
desain pembelajaran rekomendasi dalam menanamkan atau mengonstruksi konsep perkalian. Penelitian
ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ini adalah 34
siswa kelas VII di salah satu MTS di Samarinda, Kalimantan Timur. Data yang telah terkumpul
dianalisis melalui tiga proses yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa masih terdapat kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam
menyelesaikan soal perkalian, diantaranya adalah kesalahan dalam memahami konsep perkalian sebagai
operasi penjumlahan, kesalahan dalam memahami konsep perkalian sebagai gabungan dari operasi
penjumlahan dan perkalian, dan kesulitan pada operasi perkalian puluhan dan ratusan.