Literature Review: Model Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) Pada Pembelajaran Matematika
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Model Process Oriented
Guided Inquiry Learning (POGIL) pada pembelajaran matematika dan untuk mengetahui
keefektifan model Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) dalam
pembelajaran matematika dalam penelitian-penelitian sebelumnya. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat studi literatur yang menggunakan
jurnal-jurnal dan literatur lainnya sebagai objek penelitian yang utama. Sumber data
dalam penelitian ini dikumpulkan dari artikel penelitian terkait teori-teori model
pembelajaran POGIL. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
analisis isi (content analysis) dengan pengambilan pandangan yang sesuai. Model
pembelajaran POGIL secara umum menggunakan 3 tahapan, 5 tahapan dan 7 tahapan.
Model POGIL yang menggunakan 3 tahapan melewatkan orientasi dan evaluasi pada
penerapannya, sedangkan model pembelajaran dengan 5 tahapan merupakan
penggabungan dari 7 tahapan model POGIL yang memiliki kesamaan dalam aktivitas
pembelajarannya. Dari 13 penelitian yang dianalisis, ada 5 penelitian yang meneliti
keefektifan model pembelajaran POGIL dan semuanya mengemukakan bahwa model
POGIL efektif jika diterapkan pada pembelajaran matematika dan 8 penelitian lainnya
lebih mengarah kepada pengaruh model pembelajaran POGIL terhadap tingkatan
kemampuan siswa.