Pengaruh Motivasi Belajar dan Adversity Quotient Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 20 Samarinda Tahun Ajaran 2019/2020
Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto dengan tujuan untuk mengetahui
pengaruh motivasi belajar (X1
) dan adversity quotient (X2
) terhadap hasil belajar matematika
(Y) siswa kelas VII SMP Negeri 10 Samarinda tahun ajaran 2019/2020. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 10 Samarinda, yang terdiri dari 11
kelas dengan jumlah siswa sebanyak 325 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam
penelitian ini adalah teknik cluster sampling, sehingga sampel terdiri dari 6 kelas. Instrumen
penelitian berupa angket dan tes. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah
statistik deskriptif dan inferensial dengan taraf signifikan (α) sebesar 5%. Berdasarkan hasil
analisis deskriptif diperoleh nilai rata-rata dari data motivasi belajar sebesar 75,83 tergolong
kategori sedang, nilai rata-rata data adversity quotient sebesar 53,36% tergolong kategori
sedang, dan nilai rata-rata dari hasil belajar matematika siswa adalah 59,33 yang
dikategorikan kurang. Dari hasil analisis menggunakan analisis jalur diperoleh sub-struktur
1 signifikan sehingga terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap adversity quotient dengan
besar kontribusi 29,7%. Sub-struktur 2 signifikan sehingga terdapat pengaruh motivasi
belajar terdapat hasil belajar matematika dengan besar kontribusi 2,2% dan terdapat
pengaruh adversity quotient terdapat hasil belajar matematika dengan besar kontribusi
33,9%. Berdasarkan analisis inferensial, maka disimpulkan bahwa motivasi belajar dan
adversity quotient berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP
Negeri 10 Samarinda tahun ajaran 2019/2020. Motivasi belajar dapat menaikkan adversity
quotient dan meningkatkan hasil belajar matematika sedangkan adversity quotient dapat
meningkatkan hasil belajar matematika siswa.