Media Digital Menstimulasi Keterampilan Numerasi Anak Usia Dini di Lembaga PAUD
View/ Open
Date
2022-03-03Author
Maghfirah, Febry
Satriana, Malpaleni
Sagita, Antung Dewi Nurliana
Haryani, Wiwik
Jafar, Farny Sutriany
Yindayati, Yindayati
Norhafifah, Norhafifah
Metadata
Show full item recordAbstract
Keterampilan numerasi anak usia dini sangat penting distimulasi untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan peserta didik dalam menginterpretasikan angka dan keterampilan operasi bilang dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian bertujuan untuk
mengungkap efektivitas media digital dalam menstimulasi keterampilan numerasi khususnya pengetahuan angka dan keterampilan operasi bilangan anak usia dini di Lembaga PAUD. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Partisipan dalam penelitian ini yaitu 25 guru PAUD dari 15 lembaga PAUD yang ada di wilayah Pulau Kalimantan. enelitian ini menggunakan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media digital yang mencakup berbagai elemen media seperti teks, gambar, audio, video, dan animasi efektif dalam menstimulasi keterampilan numerasi anak
khususnya dalam pengetahuan angka dan operasi bilangan. Impikasi pada penelitian ini adalah media digital efektif dalam menstimulasi keterampilan numerasi khusunya dalam pengetahuan angka dan keterampilan operasi bilangan anak usia dini di lembaga PAUD.