Analisis kecerdasan visual spasial pada materi segiempat siswa kelas VII SMP Negeri 7 Samarinda
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecerdasan visual spasial pada materi segiempat siswa kelas VII SMP Negeri 7 Samarinda. Penelitian deskriptif kuantitatif ini menggunakan subjek penelitian siswa kelas VII-A dan VII-B di SMP Negeri 7 Samarinda yang berjumlah 57 siswa. Objek dari penelitian ini adalah kecerdasan visual spasial siswa pada materi segiempat. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes tertulis. Analisis data dilakukan secara deskriptif, yaitu menentukan kecerdasan visual spasial siswa berdasarkan karakteristik kecerdasan visual spasial pada tiap butir soal dan menentukan kecerdasan visual spasial siswa secara kese luruhan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kecerdasan visual spasial pada materi segiempat berdasarkan karakteristik kecerdasan visual spasial yang dimiliki yaitu (1) Karakteristik pengimajinasian dengan rata-rata 39,5 temasuk kategori rendah. (2) Karakteristik Pengkonsepan dengan rata-rata 55,20 termasuk kategori rendah. (3) Karakteristik Pencarian Pola dengan rata-rata 44,5 termasuk kategori rendah. (4) Karakteristik Penyelesaian Masalah dengan rata-rata 97,71 termasuk kategori tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kecerdasan visual spasial pada materi segiempat siswa kelas VII di SMP Negeri 7 Samarinda termasuk dalam kategori sedang dengan karakteristik kecerdasan visual spasial yang paling banyak dimiliki siswa adalah penyelesaian masalah. Siswa dengan karakteristik penyelesaian masalah mampu menentukan strategi penyelesaian masalah berdasarkan pernyataan yang diberikan secara tepat dan sistematis.