PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DALAM PENERAPAN MODEL INQUIRY, GROUP INVESTIGATION DAN KONVENSIONAL SISWA KELAS VII SMPN 35 SAMARINDA
View/ Open
Date
2022-12Author
Sugeng, Sugeng
Duwi, Wahyu Candra Ning
Basir, Abdul
Metadata
Show full item recordAbstract
Tujuan dari penelitian eksperimen semu ini untuk mengungkap perbedaan hasil belajar Matematika pada pembelajaran yang menerapkan model Inquiry, Group Inves- tigation dan Konvensional siswa kelas VII SMPN 35 Samarinda tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan Nonequivalent Group Pretest Posttest Design dan populasinya adalah siswa kelas VII-A sampai VII-D. Adapun siswa kelas VII-A sampai VII-C merupakan sampel terpilih dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen observasi, dokumentasi dan tes. Untuk memperoleh informasi keterlaksanaan proses pembelajaran menggunakan observasi; data sekunder melalui dokumentasi, dan tes data skor hasil belajar menggunakan tes. Sebelum melakukan pengambilan data, soal tes diujicobakan kepada siswa kelas VII-H SMPN 7 Samarinda yang berjumlah 36 siswa. Anova Satu Jalur digunakan untuk menganalisis data dengan taraf signifikan pengujian 5%. Hasilnya menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar Matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan model Inquiry, Group Investigation dan Konvensional. Hasil analisis uji lanjut diperoleh bahwa hasil belajar matematika dengan model Inquiry dan Konvensional tidak berbeda. Selain itu, terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika siswa pada model Group Investigation dan Konvensional.