Implementasi Manajemen Pembelajaran Biologi di SMA Negeri 3 Samarinda
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendeskripsikan implementasi manajemen pembelajaran biologi di SMA Negeri 3 Samarinda yang meliputi fungsi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode studi lapangan dengan pendekatan kualitatif. Pendekatan ini menghasilkan temuan yang diperoleh dari data-data yang dikumpulkan melalui instrumen.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Perencanaan pembelajaran biologi meliputi tiga kegiatan pokok yaitu (a) Program Tahunan (Prota), (b) Program Semester (Promes), dan (c) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), (2) Pengorganisasian pembelajaran biologi meliputi tiga kegiatan pokok yaitu: (a) Kegiatan awal (pembukaan pembelajaran), (b) Kegiatan inti pembelajaran, dan (c) Kegiatan akhir (penutup pembelajaran), (3) Pelaksanaan pembelajaran biologi mengutamakan empat komponen yaitu: (a) Kemampuan membuka pelajaran, (b) Penguasaan bahan belajar, (c) Mengacu pada Kegiatan Belajar Mengajar yang telah direncanakan, dan (d) Kemampuan Menggunakan Media Pembelajaran, dan (4) Kegiatan akhir pembelajaran meliputi tiga kegiatan poko yaitu: (1) Memberikan evaluasi pembelajaran, (2) Menutup pembelajaran, dan (3) Melakukan tindak lanjut/follow up.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data di atas, maka dapat disimpulkan bahwa Implementasi Manajemen Pembelajaran Biologi di SMA Negeri 3 Samarinda yang meliputi Perencanaan Pembelajaran, Pengorganisasian Pembelajaran dan Pelaksanaan Pembelajaran sudah sesuai dengan standar proses dalam SNP. Sedangkan Evaluasi Pembelajaran menunjukan adanya kesesuaian dengan stnadar penilaian dalam SNP.