Show simple item record

dc.contributor.authorTheodora Maasawet, Elsje
dc.contributor.authorTanah Boleng, Didimus
dc.date.accessioned2020-04-29T19:22:56Z
dc.date.available2020-04-29T19:22:56Z
dc.date.issued2015-08-22
dc.identifier.urihttp://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/4290
dc.description.abstractKondisi khusus yang mengakibatkan guru di perkotaan mengajar lebih dari satu kelas, terjadi karena beberapa hal, antara lain adanya guru yang ditugaskan untuk mengikuti pelatihan atau ditunjuk sebagai fasilitator dalam waktu yang lama, adanya guru perempuan yang harus izin karena cuti hamil, adanya guru laki-laki maupun perempuan yang sakit dalam waktu lama. Jika terjadi kondisi ini maka disebut dengan ketidak-hadiran guru. Ada lagi permasalahan terkait sistem pengangkatan guru yang tidak berbasis kebutuhan riil sekolah, sehingga terjadi penumpukan guru untuk mata pelajaran tertentu, padahal mata pelajaran yang lain tidak ada guru yang relevan, kondisi ini disebut kekurangan guru.Tujuan penelitian tahun pertama adalah analisis kebutuhan yang dilakukan dengan menelaah dokumen yakni telaah kurikulum, silabus dan buku ajar, serta wawancara dengan guru dan siswa, diakhiri pengembangan draf model pengelolaan kelas rangkap. Tahun ke dua bertujuan validasi ahli dengan melibatkan ahli pembelajaran dan materi pembelajaran, untuk validator draf pengembangan tahun pertama diakhiri dengan validasi empiris ujicoba perseorangan, kelompok kecil dan lapangan terbatas. Tahun ke tiga tujuan penelitian untuk mengukur efektiftas model pengelolaan kelas rangkap hasil pengembangan dalam meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa berdasarkan hasil penilaian guru. Berdasarkan pada tujuan penelitian maka metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan dengan menggunakan analisis deskritif dan interpretasi. Hasil penelitian tahun ke tiga diperoleh hasil model pengelolaan kelas yang dikembangkan efektif digunakan guru dalam pengelolaan kelas rangkap (PKR) jika sekolah SMP, SMA, dan SMK mengalami kekurangan guru. Selain itu hasil penelitian menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan pemahaman dan keterampilan guru baik tingkat SMP, SMA dan SMK setelah terjadi kegiatan penelitian ini.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherProgram Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarmanen_US
dc.subjectModel PKR, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Siswa SMP, SMA dan SMKen_US
dc.titlePENGEMBANGAN MODEL PENGELOLAAN KELAS RANGKAP (PKR) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA SMP, SMA, DAN SMK DI KOTA SAMARINDA, BALIKPAPAN, DAN TARAKAN PROPINSI KALIMANTAN TIMUR DAN KALIMANTAN UTARAen_US
dc.typeArticleen_US
dc.typeLearning Objecten_US
dc.typePresentationen_US
dc.typeTechnical Reporten_US
dc.typeWorking Paperen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record