View Item 
  •   Unmul Repository Home
  • Others
  • Turnitin Report
  • View Item
  •   Unmul Repository Home
  • Others
  • Turnitin Report
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

PENGEMBANGAN MODEL PENGELOLAAN KELAS RANGKAP (PKR) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA SMP, SMA, DAN SMK DI KOTA SAMARINDA, BALIKPAPAN, DAN TARAKAN PROPINSI KALIMANTAN TIMUR DAN KALIMANTAN UTARA

Thumbnail
View/Open
PROC_NAS_11_2015_PENGEMBANGAN MODEL PENGELOLAAN KELAS RANGKAP (PKR) UNTUK.pdf (3.142Mb)
Date
2015-08-22
Author
Theodora Maasawet, Elsje
Tanah Boleng, Didimus
Metadata
Show full item record
Abstract
Kondisi khusus yang mengakibatkan guru di perkotaan mengajar lebih dari satu kelas, terjadi karena beberapa hal, antara lain adanya guru yang ditugaskan untuk mengikuti pelatihan atau ditunjuk sebagai fasilitator dalam waktu yang lama, adanya guru perempuan yang harus izin karena cuti hamil, adanya guru laki-laki maupun perempuan yang sakit dalam waktu lama. Jika terjadi kondisi ini maka disebut dengan ketidak-hadiran guru. Ada lagi permasalahan terkait sistem pengangkatan guru yang tidak berbasis kebutuhan riil sekolah, sehingga terjadi penumpukan guru untuk mata pelajaran tertentu, padahal mata pelajaran yang lain tidak ada guru yang relevan, kondisi ini disebut kekurangan guru.Tujuan penelitian tahun pertama adalah analisis kebutuhan yang dilakukan dengan menelaah dokumen yakni telaah kurikulum, silabus dan buku ajar, serta wawancara dengan guru dan siswa, diakhiri pengembangan draf model pengelolaan kelas rangkap. Tahun ke dua bertujuan validasi ahli dengan melibatkan ahli pembelajaran dan materi pembelajaran, untuk validator draf pengembangan tahun pertama diakhiri dengan validasi empiris ujicoba perseorangan, kelompok kecil dan lapangan terbatas. Tahun ke tiga tujuan penelitian untuk mengukur efektiftas model pengelolaan kelas rangkap hasil pengembangan dalam meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa berdasarkan hasil penilaian guru. Berdasarkan pada tujuan penelitian maka metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan dengan menggunakan analisis deskritif dan interpretasi. Hasil penelitian tahun ke tiga diperoleh hasil model pengelolaan kelas yang dikembangkan efektif digunakan guru dalam pengelolaan kelas rangkap (PKR) jika sekolah SMP, SMA, dan SMK mengalami kekurangan guru. Selain itu hasil penelitian menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan pemahaman dan keterampilan guru baik tingkat SMP, SMA dan SMK setelah terjadi kegiatan penelitian ini.
URI
http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/4290
Collections
  • Turnitin Report [1573]

Repository Universitas Mulawarman copyright ©   LP3M Universitas Mulawarman
Jalan Kuaro Kotak Pos 1068
Telp. (0541) 741118
Fax. (0541) 747479 - 732870
Samarinda 75119, Kalimantan Timur, Indonesia
Contact Us | Send Feedback
 

 

Browse

All of Unmul RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

Repository Universitas Mulawarman copyright ©   LP3M Universitas Mulawarman
Jalan Kuaro Kotak Pos 1068
Telp. (0541) 741118
Fax. (0541) 747479 - 732870
Samarinda 75119, Kalimantan Timur, Indonesia
Contact Us | Send Feedback