PENGEMBANGAN MODEL PENGELOLAAN KELAS RANGKAP (PKR) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA SMP, SMA, DAN SMK DI KOTA SAMARINDA, BALIKPAPAN, DAN TARAKAN PROPINSI KALIMANTAN TIMUR DAN KALIMANTAN UTARA
Abstract
Kondisi khusus yang mengakibatkan guru di perkotaan mengajar lebih dari satu
kelas, terjadi karena beberapa hal, antara lain adanya guru yang ditugaskan
untuk mengikuti pelatihan atau ditunjuk sebagai fasilitator dalam waktu yang
lama, adanya guru perempuan yang harus izin karena cuti hamil, adanya guru
laki-laki maupun perempuan yang sakit dalam waktu lama. Jika terjadi kondisi
ini maka disebut dengan ketidak-hadiran guru. Ada lagi permasalahan terkait
sistem pengangkatan guru yang tidak berbasis kebutuhan riil sekolah, sehingga
terjadi penumpukan guru untuk mata pelajaran tertentu, padahal mata pelajaran
yang lain tidak ada guru yang relevan, kondisi ini disebut kekurangan
guru.Tujuan penelitian tahun pertama adalah analisis kebutuhan yang dilakukan dengan
menelaah dokumen yakni telaah kurikulum, silabus dan buku ajar, serta wawancara dengan
guru dan siswa, diakhiri pengembangan draf model pengelolaan kelas rangkap. Tahun ke dua
bertujuan validasi ahli dengan melibatkan ahli pembelajaran dan materi pembelajaran, untuk
validator draf pengembangan tahun pertama diakhiri dengan validasi empiris ujicoba
perseorangan, kelompok kecil dan lapangan terbatas. Tahun ke tiga tujuan penelitian untuk
mengukur efektiftas model pengelolaan kelas rangkap hasil pengembangan dalam
meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa berdasarkan hasil penilaian guru.
Berdasarkan pada tujuan penelitian maka metode penelitian yang digunakan adalah metode
penelitian pengembangan dengan menggunakan analisis deskritif dan interpretasi. Hasil
penelitian tahun ke tiga diperoleh hasil model pengelolaan kelas yang dikembangkan efektif
digunakan guru dalam pengelolaan kelas rangkap (PKR) jika sekolah SMP, SMA, dan SMK
mengalami kekurangan guru. Selain itu hasil penelitian menunjukkan bahwa telah terjadi
peningkatan pemahaman dan keterampilan guru baik tingkat SMP, SMA dan SMK setelah
terjadi kegiatan penelitian ini.
Collections
- Turnitin Report [1573]